Electric Scooters for Adults Atlanta Georgia

Electric Scooters for Adults Atlanta Georgia

Ujian Nasional Tuliskan sejarah permainan bola basket serta induk organisasi nasional dan internasional

Tuliskan sejarah permainan bola basket serta induk organisasi nasional dan internasional

Jawaban:

SEJARAH PERMAINAN BOLA BASKET

Permainan bola basket diciptakan oleh James A. Naismith, yaitu seorang guru sekolah olahraga di Massachusetts, Amerika Serikat yang bergabung dalam YMCA (Young Men's Christian Association). Ketika itu Naismith berusaha mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami oleh murid-muridnya di saat musim dingin.

INDUK ORGANISASI NASIONAL & INTERNASIONAL

FIBA adalah induk organisasi bola basket internasional yang mengatur kegiatan basket internasional. Organisasi ini menetapkan permainan, aturan perlengkapan, lama permainan, beserta wasit dalam pertandingan yang harus dipatuhi oleh seluruh negara dalam basket.

FIBA didirikan pada 18 Juni 1932 dengan nama awal Federation Internationale de Basketball Amateur yang dibentuk oleh berbagai negara seperti Argentina, Italia, Portugal, Republik Ceko, Slovakia, Rumania, Yunani, Latvia, dan Swiss. Awalnya, pertandingan basket hanya diperuntukkan bagi pemain berlevel amatir. Namun, sejak 1989 aturan tersebut berubah sehingga pemain profesional boleh turut bermain.

NBA merupakan wadah sekaligus badan kompetisi basket yang berbasis di Amerika Serikat. NBA dibentuk pertama kali pada 6 Juni 1946 di New York dengan nama awal Basketball Association of America [BAA].

NBA bekerjasama dengan badan organisasi lain yaitu National Collegiate Athletic Association yang memiliki wewenang mengelola turnamen basket lingkup kampus. NBA menerapkan sistem yang cukup unik dengan membagi dua wilayah yaitu Eastern dan Western Conference, dengan masing-masing 15 klub.